wajah web201903

TATA IBADAH ONLINE

06:30 09:00 17:30

  Silahkan tab menuju HKBP Yogyakarta

 

Wednesday, February 26, 2020 Sihite AAZ Renungan KhotbahMinggu 13

HKBP Yogyakarta Online,

Suatu Renungan Khusus - Rabu Abu, 40 Hari Menjelang Paskah

Rabu Abu (Dies Cinerum)

Saudara-saudari yang dikasihi oleh Yesus Kristus! Kalender Gerejawi mengenal suatu momen peringatan dan permenungan dalam rangka memasuki Pra-Paskah yaitu sekitar 40 hari menjelang Paskah – hari minggu tidak dihitung sebagai hari kemenangan. Acara peringatan dan permenungan tersebut dinamai Rabu Abu (Dies Cinerum, Ash Wednesday, Rabu Orbuk)berawal dari tradisi Yahudi merayakan pertobatan pada hari Yom Kippur (Hari Penebusan dari dosa).

Saturday, February 22, 2020 Sihite AAZ Renungan KhotbahMinggu 37

HKBP Yogyakarta Online,

Renungan Minggu Estomihi/Quinquagesima, 23 Februari 2020

TUHAN Gunung Batu Perlindunganku!

(Mazmur 31:1-9)

Saudara-saudari yang dikasihi oleh Yesus Kristus. Ada banyak gelar yang digunakan untuk menyebut TUHAN. Karena pengalaman dan penghayatan imannya, pemazmur antara lain memberi gelar kepada TUHAN sebagai ‘Gunung Batu’ (Batak: ‘Partanobatoan’), tempat perlindungan, kubu pertahanan untuk menyelamatkan (Esto-mihi in Deum Protectorem...)(Mzm. 31:2-3; 18:2-3; 71:3).  Pemazmur meyakini TUHAN berkuasa memberi keselamatan dan telah menyendengkan telinga-Nya mendengar doa pemazmur menghadapi ‘musuh’. Karena itu pemazmur bersorak memuji TUHAN.

Saturday, February 15, 2020 Sihite AAZ Renungan KhotbahMinggu 59

HKBP Yogyakarta Online,

Renungan Minggu Septuagesima, 16 Februari 2020

Menomor-satukan Perintah Allah atau Adat Istiadat?

(Markus 7:1-8)

Saudara-saudari yang dikasihi oleh Yesus Kristus. Untuk sebagian kalangan orang Batak Kristen tempo dulu, bila dituduh sebagai ‘tidak beradat’ (‘ndang maradat’ atau ‘belum diadati’) dalam kehidupan sosial, maka hal itu serasa akan membuat lebih malu daripada dituduh sebagai ‘tidak Kristen’. Adat dipahami seakan lebih tinggi dari agama (Kristen). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan: adat adalah aturan (kebiasaan) yang lazim dituruti sejak dulu. Adat-istiadat (tradisi) adalah bagian dari kebudayaan. Dan kebudayaanadalah hasil kegiatan dan ciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian,dan adat-istiadat.